oleh

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Tingkatkan Nilai Kejuangan Prajurit Infanteri

-berita-1,037 views

Danrem 172 Kolonel Inf Boni Christian Pardede melepas Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2017, di Lapangan Upacara Depapre, Jum’at (15/12).

Danrem mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi Korps Infanteri yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Korps Infanteri pada setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan semangat kebanggaan korps, jiwa korsa dan soliditas sebagai Prajurit Infanteri. “Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan berjalan kaki dan kemampuan fisik perorangan maupun Peleton dalam rangka peningkatan kualitas tempur prajurit Infanteri.

Lebih lanjut Danrem mengharapkan, dilaksanakannya kegiatan tradisi ini, akan tercipta dan terpelihara jiwa korsa yang tinggi, serta penghayatan dan pengamalan nilai pengabdian prajurit Infanteri sebagai bagian yang tak terpisahkan dari rakyat. “Tujuan mulia ini hendaknya dihayati dan diresapi seluruh prajurit yang tergabung dalam Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini. Gerak jalan yang dilakukan bukan sekedar menempuh jarak tertentu saja, melainkan terkandung tekad untuk mewujudkan profesionalisme prajurit Infanteri.

Pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berbunyi, kemerdekaan suatu negara didirikan di atas timbunan dan reruntuhan ribuan jiwa, serta harta benda dari rakyat bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh siapapun juga. Pesan ini menandakan betapa besar dan mulianya pengorbanan yang telah diberikan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “Kita harus memiliki komitmen yang kuat untuk melanjutkan tekad perjuangan mulia para pahlawan dengan cara mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan nasional,”pinta Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko.

Diakhir pengarahannya, Danrem menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya agar menjaga dan memelihara ketertiban serta disiplin selama dalam perjalanan sehingga tiba di tempat tujuan tetap dalam keadaan selamat dan lengkap. “Laksanakan kegiatan ini dengan kesungguhan hati dan semangat yang tinggi, perhatikan faktor keamanan serta hindari sikap arogan karena rute yang dilalui bersentuhan dengan fasilitas umum.
Hadir pada acara pelepasan Peleton Pertama Yudha Wastu Pramuka Jaya adalah Kapolsek Depapre dan Kepala Suku Depapre serta para Pejabat Rindam XVII/Cenderawasih distribusi A dan B, dan warga masyarakat Depapre.(Prd/um)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed