oleh

RINDAM XVII/CENDERAWASIH GELAR UPACARA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER TAHUN 2023

-berita-239 views

JAYAPURA, rindam17-tniad.mil.id – Rindam XVII/Cenderawasih mrnggelar upacara Hari Pahlawan dengan Inspektur Upacara Komandan Resimen Induk Kodam XVII/Cenderawasih (Danrindam) Kolonel Inf Suharono,S.I.P yang diikuti oleh Para Prajurit Asah Asih Asuh, PNS Serta Prajurit Siswa Bertempat dilapangan Pancasila Mako Ridam, Jum’at (10/11/2023).

Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Danrindam Kolonel Inf Suharono,S.I.P  menyampaikan bahwa Hari Pahlawan ini, diperingati dengan mengsung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan yag mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa. Acaman dan tantangan inilah yang akan kita taklukan berbekal semagat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti membawa jejak kemenangan. ,” ujarnya.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan kelompok dan atau diri sendiri para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bagsa pecundang. Kita tidak akan perna rela untuk bersimpuh dan meyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora. Dengan hanya berbekal babu runcing para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh Masyarakat dan pemuka agama berikut pengikutnya, Bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu, Merdeka atau Mati,” ungkapnya.

Mensos RI juga megajak kita untuk bersama-sama membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi Negara yang makin Maju, makin Sejahtera.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Komandan Rindam (Wadan) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Oki Andriansyah Adiwirya, Para Kepala Bagian dan para Komandan Satuan Pendidikan di Rindam XVII/Cenderawasih Serta Para Prajurit, PNS Serta Para Prajurit Siswa yang sedang melaksanakan Pendidikan di Rindam XVII/Cenderawasih.(az)

News Feed